Klik "SUKA" Untuk Menyampaikan Rasa Terimakasih Anda Pada Admin

Senin, 01 November 2010

Bluetooth 4.0 : Lebih Rendah Energi

Bluetooth bisa dikatakan alat transfer yang paling dikenal para pengguna hp; dari hp simpel sampai hp super pinter disertai fasilitas ini. Tapi kebanyakan kita mungkin lebih akrab dengar Bluetooth 1.0 atau Bluetooth 2.0/2.1.

Nah, pertengahan Desember 2009 lalu, Bluetooth Special Interest Group (SIG) mengumumkan adopsi teknologi Bluetooth rendah energi pada Bluetooth Core Specification versi 4.0; atau untuk simpelnya disebut Bluetooth 4.0.

Teknologi Bluetooth rendah energi merupakan pengayaan rendah-energi baru untuk teknologi Bluetooth Core Specification yang biasa dipakai di berbagai perangkat bersensor.

Pada versi baru ini terdapat beberapa fitur baru, yang secara sederhana mungkin bisa dipahami sebagai konsumsi listrik super irit namun tetap sanggup kerja sampai bertahun-tahun dalam bentuk batere hanya sebesar koin. Ditambah rentang kemampuan yang lebih kaya dan interoperability ke banyak produk membuat biaya produksi jauh lebih murah.

Secara teknis, ada 2 tipe penerapan terhadap Bluetooth Core Specification, yaitu dual-mode dan single-mode. Pada dual-mode, fungsi Bluetooth rendah energi diintegrasikan ke controller Bluetooth Classic. Hasilnya, fungsi radio di Bluetooth Classic lebih maksimal namun biaya lebih minimal (dibanding Bluetooth Classic biasa). Lagi pula pabrikan bisa pakai chip berteknologi Bluetooth Classic saat ini (Bluetooth V2.1 + EDR atau Bluetooth V3.0 + HS) dengan tumpukan rendah energi yang baru sehingga bisa memperkaya kemampuan perangkat yang masih pakai Bluetooth Classic.

Chip single-mode, banyak dipakai pada perangkat kompak yang sangat terintegrasi, akan menyajikan Link Layer ringan dengan moda idle ultra-rendah daya, deteksi lebih simpel, dan transfer data point-to-multipoint yang lebih stabil, hemat-daya dan enkripsi lebih aman dengan harga semurah mungkin. Link Layer di controller ini akan mengaktifkan sensor terkoneksi Internet untuk menjadwal lalu lintas Bluetooth rendah energi antar transmisi Bluetooth.

Lalu apa urusannya dengan kita sebagai pemakai hp?

Jika sebelumnya pemakaian Bluetooth terus-menerus akan membuat hp panas atau menguras tenaga batere sehingga cepat habis, di masa datang hal seperti itu akan berkurang drastis.

Begitu pula dengan sekuriti. Bila selama ini transfer data via Bluetooth rawan diintervensi, kelak transfer data relatif lebih aman dan lebih stabil. Rentang jarak antar peranti pun diharapkan makin luas.

WA Admin : 08998308543