Klik "SUKA" Untuk Menyampaikan Rasa Terimakasih Anda Pada Admin

Rabu, 10 November 2010

Trik Mempertajam Daya Ingat

Daya ingat identik dengan faktorusia. Semakinlanjut usia seseorang,semakin menurun

daya ingatnya.Namun, banyakcara bisa dilakukanuntuk memaksimalkan

kemampuandaya ingat kita.


1. Senam OtakOtak semacam otot yang perludilatih secara berkala. Caranya,

buattantangan atau tebak-tebakkanuntuk diri sendiri yang dapatmengasah ingatan.

Misalnya,menyebut judul lagu-lagu lama,mengingat bait puisi saat kecil, atausebut 10

barang yang ada di kulkas.
2. MakananBukan hanya minyak ikan yang dapatmempertajam daya ingat, tetapijuga

bahan makanan berwarnamerah dan ungu seperti blueberry,buah bit, dan bawang

merah. Bahanmakanan kayaasam folat sepertibrokoli, pisang, dan kacang polongjuga

bermanfaat menjaga kesehatanotak.
3. Air PutihFakta menunjukkan bahwa seluruhfungsi organ tubuh akan berjalandengan

baik ketika mendapat asupanair yang cukup. Tak terkecualifungsi otak. Biasakan minum

6-8gelas air putih sehari.
4. Tidur CukupTidur dibutuhkan agar sel tubuhberistirahat dan beregenerasi.Termasuk sel

otak. Sebab itu,usahakan bangun kerja sama fisikdan mental yang baik agar terciptatidur

sehat dan berkualitas.
5. SantaiTekanan atau stres membuat kerjaotak melemah dan sulitberkonsentrasi. Dalam

kondisidemikian, istirahatlah sejek sambilmelakukan aktivitas santai sepertimembaca buku,

bermain game onlineuntuk memulihkan kerja otak.
6. Permainan Asah OtakKebiasaan mengisi teka-teki silangyang tersedia di koran

ataumemainkan sudoku di telepongenggam bermanfaat positif untukmeningkatkan daya

ingat seseorang.
7. BerpikirMengingat satu hal yang tak kunjungmuncul di kepala pasti menjengkelkan.

Saat mengalaminya, jangan panik.Tenangkan diri sesaat sambilmemikirkan hal-hal ringan

sepertijenis buah-buahan, jenis olahraga air,atau nama-nama sahabat. Aktivitasitu akan

membantu seseorang lebihcepat mengingat hal penting yang ialupakan.
8. Bertamasya ke Masa LaluMelihat kembali hal-hal di masa lalusecara tidak langsung

melatihingatan jangka panjang. Saat pulangkampung misalnya, cobalahmemunculkan

kembali kenangan masakecil.
9. Berpikir Lewat GambarCara ini bisa dipraktikkan saatmenyusun daftar belanja.

Catatbarang-barang yang akan dibelisambil membayangkan diri sedangberjalan

menyusuri lorong-lorongsupermarket dan menemukan produkyang diinginkan.
10. OlahragaLakukan latihan fisik yangmerangsang perbaikan sirkulasidarah seperti

jogging, dan aerobik.Sirkulasi darah yang lancar akanmeningkatkan produksi oksigen

keotak yang sangat bermanfaat untukmempertajam kemampuan berpikir

WA Admin : 08998308543