Klik "SUKA" Untuk Menyampaikan Rasa Terimakasih Anda Pada Admin

Selasa, 29 Maret 2011

Mobile Education: Important For Amateur "Mengetahui Perbedaan Format file JAR dan JAD"

Cukup banyak yang menanyakan apa bedanya file JAR dan JAD, terutama oleh mereka yang bingung pada saat ingin menginstal YMTiny. Disini saya mencoba merangkum berbagai sumber untuk bisa menjelaskan hal tersebut.

JAR adalah singkatan dari Java ARchive. File JAR sebenarnya adalah kumpulan file yang dibundel dan dikompres seperti halnya file ZIP.



Coba saja Anda buka file JAR tersebut dengan program kompresi yang Anda punya, misalnya WinZip, WinRAR, 7Zip, dsb. Anda akan dapat melihat isinya. Bagi Anda yang menggunakan Windows XP atau lebih baru, ubah saja ekstensi nama file JAR menjadi ZIP, maka Windows akan mengenali file tersebut dan bisa membukanya.




Gambar 1: File JAR yang dibuka dengan 7Zip (klik untuk perbesar)



Aplikasi Java dalam JAR



Isi file JAR adalah file-file kompilasi Java (*.class) dan file-file pendukung lainnya, seperti gambar, suara, dll. Didalam folder META-INF terdapat sebuah MANIFEST yang mendeskripsikan nama MIDlet-MIDlet (aplikasi java) yang tersedia, termasuk versi dan nama vendornya. Anda bisa membuka MANIFEST tersebut dengan editor teks seperti Notepad. Tapi hati-hati jika ingin mengubahnya, kemungkinan besar Anda telah melakukan pelanggaran hak cipta :).



Tentang file JAD



JAD adalah singkatan dari Java Application Descriptor. Dari namanya saja kita bisa tahu bahwa JAD adalah file yang mendeskripsikan tentang aplikasi Java (MIDlet). Aplikasi Java yang mana? Tentu saja aplikasi yang ada didalam file JAR, karena file JAD sendiri sebetulnya hanya sebuah file teks biasa, yang bila dilihat isinya mirip sekali dengan MANIFEST yang ada didalam file JAR.



Informasi tambahan yang ada di file JAD adalah url alamat file JAR, ukuran file JAR dan sertifikat bila ada.



Kesimpulan



JAR berisi aplikasi-aplikasi Java yang mungkin lebih dari 1 (satu). Segala hal yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah aplikasi Java, terletak dalam file JAR tersebut.



JAD sifatnya sebagai file tambahan untuk menjelaskan isi file JAR atau data tambahan yang dibutuhkan untuk menginstal file JAR, misalnya sertifikat.

WA Admin : 08998308543