Klik "SUKA" Untuk Menyampaikan Rasa Terimakasih Anda Pada Admin

Sabtu, 22 Desember 2012

Software Praktek Elektronika Virtual GUI selain EWB

Bagi Guru Fisika  atau IPA, praktek rangkaian listrik di Laboratorium tentu memerlukan peralatan. Setidaknya bila melakukan pengukuran kuat arus, misalnya maka setidaknya harus tersedia catu daya/batarei, kabel penghubung, indikator bakwa arus mengalir (lampu), saklar dan alat ukurnya sendiri yaitu Amperemeter.

Sudah menjadi rahasia publik, sebagian besar sekolah belumlah memiliki peralatan-peralatan tersebut. Dan untuk pengadaannyapun yang sebenarnya ada bisa disisihkan dari dana BOS atau gratis (bagi SMP) tetapi kadangkala tidak mencukupi untuk jumlah siswa yang mungkin banyak dan lagi resiko kerusakannya.

Ada cara alternatif mengatasi kendala diatas, sebuah software virtual untuk melakukan percobaan listrik bagi siswa hanya bermodalkan komputer. Dengan menginstalkan ke komputer maka kita dapat bebas melakukan eksperimen dari yang rangkaian sederhana maupun yang rumit.

Terdapat bermacam-macam sumber tegangan, indikator adanya aliran listrik berupa lampu, bell listrik . Alat ukur berupa Amperemeter, Voltmeter, Ohmmeter hanya dengan merubah settingan alat termasuk ada hambatan dan saklar. Penggunaannyapun simpel, cukup klik ke alat yang mau dipakai dibawa ke layar eksperimen. Berikut beberapa tampilan menggunakan virtual lab elektricity, Tampilannya sendiri lebih menarik dibandingkan EWB sehingga dapat meningkatkan motivasi yang lebih bagi mereka yang awam yang sedang ingin2nya bereksperimentasi.



Pada gambar 1, peralatan yang sudah diambil dari toolbox alat disebelah kiri yang selanjutnya dirangkai dengan kabel penghubung dengan klik pada salah satu ujung alat ditarik ke ujung alat yang laik lalu lepas.  Pada gambar 1 dan 2 nampak bahwa lampu belum menyala ditandai dengan warna lampu yang biru agak tua.

Pada gambar 3, saklat di ON kan dan terjadi aliran arus listrik ditandai dengan menyalanya lampu (warna biru muda) dan bell listrik berbunyi (saat praktek di PC). Dalam praktek ini perlu diperhatikan batas tegangan pada lampu karena akan putus dan tidak mau menyala lampu bila voltage lampu tidak disesuaikan dengan tegangan yang terpakai.

Download Pintar Virtual Electricity

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda, untuk laporan jika ada LINK rusak ataupun FILE yang sudah dihapus dari database, maupun REQUEST.

Social Media Post