Klik "SUKA" Untuk Menyampaikan Rasa Terimakasih Anda Pada Admin

Kamis, 07 Maret 2013

Penyebab LCD Bergaris & Fungsi ScreenSaver yg Sesungguhnya

Kebanyakan orang beranggapan bahwa screensaver hanyalah sebagai pemercantik tampilan visual aja atau hanya pelengkap menu maupun fitur saja, nah dengan ini bayu luruskan dan tekankan bahwa screensaver sendiri merupakan sebuah Pelindung Laayar / Pengaman Layar, Cara gampangnya yaitu dengan mengartikan apa arti kata dari screen & saver, hanya saja hampir semua orang tidak menyadari hal ini.

Apa Fungsi ScreenSaver; 
- Fungsinya adalah melindungi layar dengan cara kerja menampilkan sebuah animasi gambar agar setiap pixel tidak mengeluarkan cahaya yg sama secara terus menerus tanpa interval.

Penyebab Kerusakan LCD bergaris; 
- Faktor Umur
- Faktor Kesalahan dalam memilih screensaver, atau tidak menggunakan screensaver dan backlight automatic turn off menyala terlalu lama.

ScreenSaver Yg Benar & Yg Salah; 
- ScreenSaver bisa dikatakan pelindung layar apabila pergerakan animasi mencakup perubahan warna setiap pixelnya, jika ada pixel tertentu yg menyala dengan warna yg sama maka lambat laun pixel tersebut akan mati bersama deretan pixel berikutnya sehingga makin lama membentuk garis (terkecuali warna hitam, karena warna hitam tidak membiaskan cahaya pd LCD).
- dan sebaliknya, Screensaver tidak pantas dikatakan pelindung layar jika pada setiap pergerakan animasi ada suatu pixel tertentu yg pembiasan warna masih serupa (kecuali hitam).

 Contoh Screen Saver yg Benar
Semua Pixel Terjadi Perubahan Warna
Contoh ScreenSaver yg Dapat Merusak LCD menjadi bergaris
Perubahan hanya terjadi pada area kecil, kemungkinan besar pixel yg memancarkan warna putih terus menerus(pd text I LOVE Music) akan cepat mati (dead pixel)

Solusi
- Jangan gunakan screensaver yg salah
- Minimalkan backlight time off, Maksimal 5detik
- Minimalkan kontras layar hingga 25% atau lebih redup
- Gunakan saja tema2 berwarna dominan gelap
- Minimalkan juga waktu aktif screensaver (terlalu lama juga gak baik utk kesehatan kristal display, maksimal 30detik)
Nah dengan tips simple ini selain bikin LCD kita awet namun juga akan menghemat bateray ponsel anda.

3 komentar:

  1. What is the default username and password for Joomla Stand Alone Server?


    Here is my webpage - transvaginal mesh lawsuit

    BalasHapus
  2. ITU kga ada solusi nya gan heheheheh salam Dahsyat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Solusinya gini aja gan, backlight diminimalisirkan keredupannya dan waktu matinya dipercepat, maximal 5detik, selain lcd awet juga bakal hemat batre gan...

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar anda, untuk laporan jika ada LINK rusak ataupun FILE yang sudah dihapus dari database, maupun REQUEST.

Social Media Post