Klik "SUKA" Untuk Menyampaikan Rasa Terimakasih Anda Pada Admin

Selasa, 04 Oktober 2011

Project "Merakit USB Multicharger High Quality dengan Dana Minimalis"

Terinspirasi dari konyolnya produk cina, charger hp cina pasti selalu
kurang daya, kerap kali muncul tulisan "KONTAK PENGISI JELEK", Munculnya keterangan seperti ini tiap kali charging adalah karena kurang besarnya arus (satuan Ampere) yang keluar dari charger cina yang kurang berkualitas tersebut.

Sobat males banget liat seperti itu terus tentunya, apalagi HP kita lebih dari satu, pusing harus charger berganda, maka dari itu munculah rencana aku susun proyek Usb Multicharger High Quality dg alat2 sbb.

- 1UNIT POWER SUPPLY DVD (beli dg harga sekitar Rp 25.000)
- BOX BEKAS CATRIDGE SEGA atau BOX DVD
- 2UNIT PCB CHARGER SOWAK BEKAS HP CINA (ambil mesinnya/PCBnya saja)
- JACK AC
- KABEL SECUKUPNYA
- PORT USB DR BEKAS CHARGER 2-5 PORT (tak perlu jika pada PCB sudah ada lebih bagus & cepat)

Langkah awal adalah pengumpulan alat seperti diatas, kemudian support tool sbb:
+ Solder
+ Cutter/Pemotong
+ Sekrup 2-4biji
+ Bor/bisa pakai solder

Perakitan:

1. Power Supply

amati bagian input 220v, & output powersupply regulator dengan tegangan v-out +5:-5 atau 5:Ground



2. Cover DVD
siapkan cover dvd, lubangilah 2 bagian untuk port usb diukur sesuai ukuran portnya, gunakan solder kemudian rapikan pakai cutter.



3. Charger Bekas HP Cina

bongkarlah dan ambil pcbnya, potong semua kable yang terhubung dengan mekanik body charger, kemudian potonglah jalur PCB yang menuju trafo ACmatic charger, masing2 charger mempunyai jalur yang unik, namun pada dasarnya sama, berikut adlh charger dr bekas cas2an HP cina ViTell dan IMO



4. Penghubungan Jalur (Cabling & Jumpering)
perhatikan masing2 charger bekas, lihat bagian disekitar usb pasti ada elco (electrolit condesator) untuk v-out (tegangan output 5v dc), Rangkailah keduanya secara seri, dengan menghubungkan bagian elco minus charger pertama ke elco minus charger kedua. begitu juga jalur positif elco 1 ke jalur positif elco 2.
perhatikan jalur LED, biarkan LED masih terhubung agar nanti bisa jadi indikator power masing2 port USB.
perhatikan gambar dengan seksama.

Perhatikan garis merah adalah untuk polaritas positif (+) & biru untuk negatif (-), Kemudian hubungkan lagi ke OutPut 5VDC yang sudah anda cari pada langkah awal, hubungkan Ground ke Jalur biru, dan merah ke jalur 5V out.
Jangan lupa juga pasang Jack AC ke INPUT 220V untuk tegangan dari listrik, hubungkan sesuai yang tertera pada board PCB Power Suplly regulator.

5.Penyelesaian
sebelum menghubungkan ke socket AC, tak ada salahnya mengukur dulu dengan AVOmeter pada posisi Ohm untuk memastikan tidak ada SHORT (korsleting), setelah OK, baru dihubungkan, dan test tegangan out apakah sudah masuk sampai bagian port USB, & pastikan tidak lebih dari 5v, yaitu sekitar 4.7v - 5.0v, jika diluar range itu, berarti ada kesalahan dalam pemotongan jalur, dan apabila oke, langsung saja hubungkan ponsel kamu ke USB MultiCharger Rakitan Sendiri, Selamat menciptakan perangkat karya sendiri... Bentuknya tipis, ramping, bisa dibuka seperti netbook dg ukuran cover DVD, eh pas dibuka isinya mesin, hehe,,, & Untuk quality output tentunya juga sangat stabil, high value, & bagus karena menggunakan Power Supply Regulator dengan perhitungan komponen lebih terperinci & berkualitas dibandingkan yang ada pada charger biasanya.

Creative IDEA by Topan Bayu Irawan INC.

Baca juga:

WA Admin : 08998308543